Senin, 04 Juni 2012

Cara Merawat Burung Prenjak

  1. pagi hari [sekitar jam 7 pagi] burung di angin-anginkan di tempat teduh, ex : biasanya di teras depan rumah.
  2. kontrol pakan dan minum harian burung, tambah apabila pakan dan minum burung dalam kandang habis/tinggal sedikit.
  3. berikan 1-2 ekor jangkrik setiap pagi dan sore hari [jangan berlebih untuk menghindari  `birahi`  burung prenjak].
  4. jemur secara rutin, usahakan menjemur burung di pagi hari selama 1,5-2jam [ antara jam 7-9 pagi]. penjemuran minimal 2x seminggu.
  5. setelah dijemur dibawah terik matahari,  `jangan langsung dikerudung`. sebab bisa menyebabkan penyakit pada mata burung prenjak/burung kicau lainnya. sahakan di taruh di tempat yang dingin/di angin-anginkan kembali.
  6. jangan taruh  kandang burung prenjak dengan burung prenjak lain secara berdekatan. sebab bisa membuat `mental` salah satu burung menjadi down/takut. usahakan apabila mempunyai burung prenjak lebih dari 1 di rumah, taruh kandang berjauhan, ex : di depan dan dibelakang rumah.
  7. sore hari [sekitar jam 4-5 sore] kasih jangkrik 1-2 ekor. setelah itu burung dimandikan/disemprot bila perlu.
  8. `kerudung/slongkop` burung bila perlu. apabila burung prenjak ingin dimaster dengan suara burung lain, waktu yang tepat adalah sore [menjelang malam hari]. dengarkan burung dengan suara master-an dengan lirih/jangan terlalu keras. ex : dari tape recorder atau HaPe.
  9. `perlu diingat` pemberian kroto dan ulat hongkong/kandang seperlunya saja [2minggu 1x] untuk menghindari birahi burung prenjak secara berlebihan.
  10.  apabila burung prenjak ingin ditrack/di adu dengan burung prenjak lain, kurangi porsi jangkrik/kroto yang berlebih saat akan diadu [agar performa burung stabil dan tidak over  “salto
  11. Perawatan burung prenjak harus rutin karena burung prenjak itu "ringkih" 

1 komentar:

  1. Pengganti ulat hongkong hidup untuk burung prenjak. Praktis, lebih higienis, telah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti disukai burung prenjak

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Pengganti ulat hongkong hidup untuk burung prenjak

    BalasHapus